Kenapa iklan rokok bisa tampil dengan ide kreatif, lucu, menghibur, bikin mikir, sekaligus tidak nyambung dengan produknya (tidak menampilkan produk) ? Apakah pembaca cinematic.id juga berpikiran seperti itu ketika melihat komunikasi iklan rokok apapun itu bentuknya? Kampanye iklan rokok selalu penuh dengan ide-ide segar, kreatifitas, visual menarik serta slogan yang menggelitik. Memang lucu, seru dan kreatif, tapi mana penampakan rokoknya? apa hubunganya sama produknya?
Ada loh launching product yang selalu ditunggu bahkan oleh orang yang sudah pasti nggak akan beli langsung. Iphone dari dulu selalu dinantikan dan dibahas berhari-hari tiap kali launching product. Yang dibahas juga bukan hanya fiturnya, harganya, namun hingga cara memasarkannya termasuk gaya copywriting. Memang se-spesial apa sih cara marketing iPhone?
YANG DAPAT KITA TIRU DARI CARA MARKETING IPHONE
Sejak teknologi gambar bergerak ditemukan, film sudah menjadi wahana penyampai pesan yang efektif. Rekaan adegan sedemikian rupa dari pembuat film dapat diisi berbagai macam hal dari lelucon, suara hati, doktrin, hingga propaganda. Apalagi jika kita bicara sisi distribusinya yang masif dan terstruktur, tak lewat jalur normal jual-beli tiket bioskop. patut diduga ada upaya-upaya ‘pemaksaan’ penyampain pesan di sana. Untuk film di Indonesia, yang baru-baru ini ramai disinyalir sebagai film propaganda adalah “Sayap-sayap Patah”. Kalau yang legendaris sampai dilakukan puluhan tahun misalnya film G30S PKI. Film-film lain pun sebenarnya ada, mari kita bahas dari berbagai sudut pandang tentang propaganda film.
FILM SEBAGAI PROPAGANDA
About
we are Ruang Media Kreatif. A production house who passionates at videography, photography, tech, and cinematography.
For business inquiries, please contact us at:
ruangmediakreatif@gmail.com
read more...
read more...
PORTOFOLIO
Search
Trending
Powered by Blogger.